Saturday 10 May 2014

Beralih Karir di Industri Alat Kesehatan - Catatan Mengenai Industri Alat Kesehatan

Seorang teman hebat saya yang sudah lama shifting dari professional farmasi menjadi pengusaha bidang layanan dan kemudian alat kesehatan, memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar sekaligus memberi tanggung jawab yang besar untuk ikut berkontribusi membesarkan salah satu bisnis unitnya.

Karena saya akan masuk industri baru saat itu, sayapun mencoba belajar lebih dalam mengenai industri ini.

Namun saya merenung selama ini mengklaim make a living  di bagian tertentu dari health care industry. Saya sendiri waktu itu masih gamang yang dimaksud dengan health care industry itu? Sayapun mulai  menyimak dan menulis tentang  industri ini  yang lebih luas, dan meresume dalam 2 paragraf :

Industri health care, merupakan salah satu  sektor dalam sistem ekonomi yang menyediakan barang dan jasa untuk menangani pasien secara kuratif, preventif, rehabilitatif, serta paliatif.  Industri ini merupakan salah satu industri terbesar di dunia dan pertumbuhan tercepat. Mengkonsumsi lebih dari 10 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara-negara paling maju.

Industri ini biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok dan sektor. The Global Industry Classification Standard and the Industry Classification Benchmark membagi industri ini menjadi dua kelompok utama: Pertama,  jasa dan alat kesehatan terdiri dari perusahaan yang menyediakan peralatan medis, dan layanan perawatan kesehatan, seperti rumah sakit, klinik dan  penyedia perawatan kesehatan lain yag terkait. Kedua  farmasi, bioteknologi dan  life science terkait, terdiri dari perusahaan industri yang memproduksi sektor farmasi, bioteknologi dan layanan ilmiah lain-lain.

Tidak berbeda dengan industri farmasi yag pasarnya fragmented, sayapun mencari tahu lebih dalam tentang industri alat kesehatan ini.

Industri Alat Kesehatan dan Diagnostik

Tidak banyak informasi mengenai sejarah industri ini. Saya hanya menemukan sejarah PT. RNI yang sebelumnya adalah perusahaan konglomerasi  Oei Tiong Ham hasil  nasionalisasi pemerintah pada tahun 1964. Konglomerasi ini memiliki Bidang usaha utamanya agro industri, farmasi & alat kesehatan dan perdagangan umum .

Menurut Kementrian Kesehatan Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan alat kesehatan adalah instrumen, apparatus, mesin dan/atau implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan/atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.

Alat kesehatan berdasarkan tujuan penggunaan sebagaimana dimaksud oleh produsen, dapat digunakan sendiri maupun kombinasi untuk manusia dengan satu atau beberapa tujuan sebagai berikut:
1. Diagnosis, pencegahan, pemantauan, perlakuan atau pengurangan penyakit;
2. Diagnosis, pemantauan, perlakuan, pengurangan atau kompensasi kondisi sakit;
3. Penyelidikan, penggantian, pemodifikasian, mendukung anatomi atau proses fisiologis;
4. Mendukung atau mempertahankan hidup;
5. Menghalangi pembuahan;
6. Desinfeksi alat kesehatan; dan
7. Menyediakan informasi untuk tujuan medis atau diagnosis melalui pengujian in vitro
    terhadap spesimen dari tubuh manusia.

Menurut data dari  researchandmarkets.com, pasar Indonesia alat kesehatan di Indonesia bernilai 421 juta dolar atau sekitar 3,8 T di tahun 2011 rata-rata tumbuh sebesar 21% setiap tahunnya dari tahun 2009. Pertumbuhan rata-rata dari tahun 2005 hingga 2009 sebesar 35%

Bagian terbesar dari pasar peralatan medis (alkes) Indonesia disediakan dengan melalui impor terdiri dari: lensa kontak, peralatan ortopedi, instrumen dan peralatan gigi, gigi tiruan, peralatan tomografi, perabot medis, peralatan dan instrumen mata, alat pacu jantung, jarum suntik, jarum, kateter, kanula dan terkait, ultra-violet dan peralatan sinar infra-merah, peralatan sinar-X, sterilisasi medis, elektro-cardiographs, peralatan magnetic resonance imaging, peralatan scintigraphic, peralatan pemindaian ultrasonik, peralatan elektro-diagnostik, dan perangkat medis lainnya.

Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia disingkat Gakeslab merupakan wadah  perusahaan/pelaku usaha yang bergerak dalam 3 sektor usaha alat kesehatan, alat laboratorium dan reagens
  1. Sebagai penyalur/pedagang 
  2. Sebagai produsen  
  3. Sebagai penyedia jasa perbaikan 
Masih data lama, semuanya  berjumlah kurang lebih 1300 perusahaan, terdiri dari  kurang dari 1000 merupakan Sub Penyalur Alat Kesehatan (Sub PAK), 250 perusahaan merupakan importir alat kesehatan dan hanya 150 perusahaan merupakan perusahaan manufaktur alat kesehatan, yang sebagian besar perusahaan PRKT, atau produk kesehatan rumah tangga.

Menurut  Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan alat kesehatan dari sisi fungsi, dibagi menjadi beberapa seperti sebagau alat diagnostik, terapetik, pemantauan, pembedahan, prosetetik, bantu reproduksi dan lainn- lain. Penempatannya di laboratorium klinik, rumah sakit/klinik diantaranya  bagian anestesi, THT, Neurologi, Bedah umum dan bedah plastik, ortopedi, kebidanan, radiologi, kardiologi termasuk bagian yang lebih umum di rumah sakit..

Dari sini saya baru  mulai tahu pemikiran stratejiknya: Dimana saya bermain.. dan mengira-ngira Bagaimana seharusnya saya bermain









No comments: